Selasa, 24 April 2012

PERUSAHAAN

Perusahaan adalah tempat terjadinya kegiatan produksi dan berkumpulnya semua faktor produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai badan usaha untuk perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang terdaftar di pemerintah secara resmi.

Jenis-jenis perusahaan berdasarkan lapangan usaha:
  • perusahaan ekstraktif adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengambilan kekayaan alam
  • perusahaan agraris perusahaan yang bekerja dengan cara mengolah lahan/ladang
  • perusahaan industri perusahaan yang menghasilkan barang setengah jadi menjadi barang matang
  • perusahaan perdagangan perusahaan yang bergerak dalam hal perdagangan
  • perusahaan jasa perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa
Jenis perusahaan berdasarkan kepemilikan:
  • perusahaan negara
  • perusahaan swasta
Unsur-unsur perusahaan
  • Badan usaha
  • Kegiatan dalam bidang perekonomian
  • Terus menerus
  • Bersifat tetap
  • Terang-terangan
  • Keuntungan dan atau laba
  • Pembukuan
 PRINSIP-PRINSIP PERUSAHAAN

  1. Moral, Etika dan Agama
    Selalu mememperhatikan nilai-nilai moral, etika, dan agama dalam setiap keberjalanan dan kebijakan perusahaan
  2. Kualitas terbaik
    Selalu memberikan hasil yang terbaik
  3. Inovasi
    Selalu mengembangkan hal-hal baru dalam semua aspek dalam rangka pengembangan perusahaan
  4. Komitmen
    Bekerja keras dengan penuh komitmen dan konsisten
  5. Seimbang
    Tetap menjaga keseimbangan kinerja dan konsentrasi dalam semua aspek
  6. Gotong Royong
    Menjaga sinergisasi, koordinasi, komunikasi dan kerja sama dalam perusahaan
  7. Integritas
    Selalu menjaga dan totalitas dalam hal keadilan, kejujuran, keterbukaan, dan akuntabilitas
  8. Silaturahmi
    Tetap menjaga hubungan baik dengan semua pihak luar perusahaan selama masih sesuai dengan visi, misi dan prinsip perusahaan


     TATA KELOLA PERUSAHAAN YANG BAIK

    Pengelolaan perusahaan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance)secara terencana dan berkelanjutan. Dalam menerapkan prinsip-prinsip GCG yang telah dirintis mulai tahun 2001, perusahaan telah beberapa kali memperoleh penghargaan dari pihak eksternal seperti dari kalangan Pemerintahan, otoritas Perbankan, Pasar Modal dan Keuangan. Pada tahun 2007 yang lalu memperoleh skor 81,79 dari lembaga pemeringkat The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG).
    Adapun strategi yang diterapkan menerapkan prinsip-prinsip GCG dengan:
    • Pembuatan Manual GCG.
    • Pembentukan Komite-komite: Audit, Nominasi dan Remunerasi, Manajemen Risiko serta Komite Kebijakan Corporate Governance.
    • Menunjuk lembaga Audit Eksternal untuk melakukan audit di perusahaan disamping Internal Auditor.
    • Pemberian informasi Corporate Action secara terkini kepada publik.
     
    Landasan Penerapan GCG
    Dalam pelaksanaan GCG, perusahaan menggunakan prinsip-prinsip yang diperkenalkan oleh Organization for Economic Co-Operation and Development (OECD), Komite Nasional GCG (KN-GCG) dan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG), serta Keputusan Menteri Negara BUMN No. 117/M-MBU/2002, tanggal 1 Agustus 2002. Prinsip-prinsip tersebut adalah transparency, accountability, responsibility, independency dan fairness. Perusahaan menjabarkan prinsip-prinsip GCG untuk pelaksanaan lebih lanjut dengan menggunakan Manual GCG dan Board Manual.
    Struktur Tata Kelola
    Perusahaan memiliki struktur tata kelola yang terdiri:
    • Rapat Umum Pemegang Saham
    • Dewan Komisaris
    • Direksi
    • Komite-komite
     
    Nilai-nilai Perusahaan
    Dalam upaya mencapai Visi dan Misi yang ditetapkan, perusahaan telah menyusun Strategi Korporasi 2008-2013 yang berdasar strategi Growing from the Core. Sedangkan untuk merealisasikannya, perusahaan menyusun ADHI Value yang menunjang semangat dalam menuju Great Infrastructure Enterprise. Value atau nilai-nilai yang dikembangkan berlandaskan pada kekuatan nama “ADHI” yang memiliki nilai:
    A         = Advanced, berarti menjadi maju dan terdepan dalam pikiran (mind), perasaan
                  (heart) dan jiwa/spiritual (spirit)
    D         = Determined, berarti tegas, berkemauan keras, teguh, fokus dan konsisten
                  dalam menghasilkan Quality, Cost, and Delivery (QCD), menjunjung tinggi
                  nilai-nilai Health, Safety, and Environment (HSE) dan memegang prinsip nilai-
                  nilai tata kelola perusahaan.
    H         = Humane, berarti memiliki kepedulian dan empati dalam menjalankan operasi
                   perusahaan dengan menjaga lingkungan hidup sekitar (preserving
                   environment), berkomitmen mendukung upaya pengembangan komunitas
                   (supporting community development) dan memelihara kelangsungan hidup
                   dunia (promoting sustainable world).
    I           = Inspiring, maksudnya memberikan inspirasi kepada rekan sejawat,
                   pelanggan, dan pemegang saham (inspiring to the people, customer and
                   shareholder)
    Nilai-nilai ADHI dijabarkan lebih lanjut dalam bentuk perilaku yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Nilai-nilai ADHI telah disosialisasikan kepada karyawan yang tersebar di seluruh Unit Kerja Perusahaan. 



    SUMBER
    www.gws-corp.co.id/dalam.php?isi=4&sub=side_id
    www.adhi.co.id/index.php?option=com_content&view...
    id.wikipedia.org/wiki/Perusahaan
    www.mitsubishicorp.com/jp/en/contact/pdf/cg2009_in.pdf 


 


 



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar